Friday, June 22, 2007

Urusan GC lagi...

Tanggal 5 Juni lalu merupakan "2nd anniversary" kedatanganku di bumi Amerika Serikat untuk berkumpul kembali bersama suami tercinta setelah berpisah sementara selama 9 bulan (namanya ji 'sementara'... tapi deeeeeeeeh perasaan toh lamaaaaanya!!!) karena urusan imigrasiku untuk mendapatkan spouse visa. Nah, 'ulang tahun kedua' ini juga berarti habisnya masa berlaku alias expired mi conditional permanent resident card-ku yang memang berlakunya cuma dua tahun.

Akhir Mei, saya dan David sudah mulai mengumpulkan dokumen yang merupakan bukti kalo kami berdua betul-betul hidup bersama sebagai pasangan suami isteri -- bukan ballé-ballé (bahasa Makassar= bohong-bohongan) -- soalnya banyak kasus (ternyata) yang perkawinan antara warganegara USA dengan non-USA didasarkan pada keinginan untuk pindah dan menetap dan jadi WN Amrik sini. Edédééh... bisa-bisanya itu di' klo main-main dengan perkawinan. Pertama, pernikahan itu kan ibadah... trus kedua, bagaimana mi itu bédéng bertahan satu ranjang dengan seseorang yang tidak kita inginkan untuk berbagi hidup dan kehidupan bersama hanya karena selembar kartu??? Ah... biar tongmi deh klo ada yang bgitu. Ka bukan tonji urusanku, hee hee. Yang penting, alhamdulillaah... saya sangat berbahagia punya David, bahkan sekarang sudah punya buah hati yang sangat saya sayangi dan menyayangi saya. Dan untuk alasan itulah, saya ikhlas berurusan dengan rumitnya keimigrasian di US ini. Well, kata orang bijak dari tanah Minang: Di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung. Ya kalo memang begitu aturannya, untuk bisa tetap bersama orang-orang tercintaku, saya harus ikut aturan main negara ini. Begitu to?!

Anyway, adapun dokumen yang saya lampirkan selain petition fee (dalam bentuk cek) sebesar US$ 275.00, format isian I-751 yang saya ketik langsung dari pdf file yang disediakan oleh USCIS, fotokopi kartu permanent resident (greencard), fotokopi halaman ID passport dan kartu Social Security (SSN Card), adalah (in English):

  • Original copy of our daughter’s birth certificate and copy of her SSN Card
  • Copy of our marriage certificate
  • Copy of our Maryland ID cards
  • Copy of our residential lease
  • Original copy of our joint checking account bank (May 2007) statement from Citibank
  • Copy of our joint US tax return for the year 2005
  • Original copy of our joint residential gas bill (April 2007)
  • Copy of verification of coverage letter from an Insurance Company
  • 2 (two) original letters written and notarized by Dad and a U.S. citizen friend, attesting to our relationship and marriage.
  • Link to my family photo album at Flickr

  • Berikut urutan pengurusan status imigrasi I-751 - Petition to Remove Conditions on Residence -ku untuk sementara sampe' hari ini:

    • 15-22 Mei 2007
      Mengumpulkan semua dokumen sebagai pelengkap/attachments I-751; menunggu surat rekomendasi dari Dad (Ayahnya David) dan Nate (David's buddy).
    • 22 Mei 2007
      Mengirim I-751 lengkap dengan semua dokumen dan ke USCIS Vermont Service Center dengan USPS (biayanya $16.25) dan dijadwalkan akan diterima besok tanggal 23 Mei 2007 di Vermont.

    • 26 Mei 2007
      Terima Fingerprint Receipt Notification (FD-258 Finger Print Notice) tertanggal 25 Mei 2007. Artinya, duit yang kita sertakan sebagai biaya fingerprint dan application fee I-751 sudah di-collect sama USCIS. Tinggal tunggu surat panggilan untuk biometrics (foto identifikasi dan sidik jari).

    • 30 Mei 2007
      Terima I-797 (NoA - Notice of Action) tertanggal 30 Mei 2007, surat keterangan yang menyatakan kalo pihak USCIS sudah menerima aplikasi I-751 (Petition to Remove Conditions on Residence), termasuk fee-nya (for Form I-751 and biometrics). Yang paling penting dari NoA ini adalah pernyataan bahwa GC-ku diperpanjang selama satu tahun (sambil menunggu proses pengurusan GC ke-2 selesai), dan dalam masa itu saya tetap dapat bekerja (meski untuk masa sekarang, "hak" ini masih blum saya gunakan *wink*) dan travel di dalam dan ke luar negeri (wuhhhuuuyyy!!! artinya ndak was-was untuk mudik bulan Oktober nanti, insya Allah).

    • 9 Juni 2007
      Received another NoA; Re: ASC (Application Support Center) Appointment Notice, tertanggal 8 Juni 2007. Isinya petunjuk mengenai tempat dan waktu untuk proses pengambilan sidik jari dan foto ID. Dan kami dapat yang terdekat dari Rockville: Glenmont, Wheaton... sekitar 30 menit dari Kearnsville :). Waktunya: Jumat, 22 Juni 2007, jam 10 pagi.

    • 22 Juni 2007
      Biometrics Process. Pagi-pagi sudah bangun dan siapkan Zahra (alhamdulillaah, dia sama sekali tidak rewel meski saya agak paksa untuk bangun lebih awal) serta Iman. Meskipun sempat singgah makan pagi di Dunkin Donuts yang kami lewati dalam perjalanan ke ASC Glenmont, kami tiba di USCIS lebih awal. Alhamdulillaah, tidak begitu banyak orang dan kami tidak menunggu terlalu lama sampai nomor tunggu saya dipanggil. Prosesnya singkat dan tidak berbelit-belit. Dari ambil foto digital, cek dan ricek informasi identifikasi yang akan ditulis di Kartu PR (greencard), pengambilan sidik jari, sampai menandatangani surat pernyataan, semua berlangsung kurang dari 15 menit. Kami bahkan sudah meninggalkan ASC Glenmont sebelum jam 10:30!!!

    Untuk memantau perkembangan proses pengurusan GC II-ku, kami sudah signed up lewat Case Status Service Online. Jadi tiap step selain melalui surat/mail, mereka juga akan memberitahu dan keep us update via email... which I think is really cool ;). Sekarang tinggal menunggu surat untuk langkah selanjutnya. Atau sudah langsung dapat GC ke-2 yang berlaku 10 tahun itu? Hmmm... semoga!

    ... Bersambung...

    0 Comments:

    Post a Comment

    << Home

    Lilypie 1st Birthday Ticker